Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta
PAS (PEDULI ADALAH SOLUSI)
 Samhah Azizah,    05 April 2018 Kelurahan Giwangan Ikuti Lomba Evaluasi Perkembangan Tingkat Kota
Kelurahan Giwangan Ikuti Lomba Evaluasi Perkembangan Tingkat Kota

Kota Yogyakarta sebagai kota yang berkembang tentu tidak lepas dari peran kelurahan. Untuk melihat perkembangan kelurahan yang ada di Kota Yogya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar seleksi Lomba Kelurahan Terbaik 2018 tingkat kota. 

Kali ini giliran Kelurahan Giwangan yang berkesempatan untuk mewakili Kecamatan Umbulharjo Kota Yogya untuk mengikuti lomba tersebut. Penilaian lomba tersebut dilaksanakan pada hari ini, Rabu (4/4) bertempat di halaman kantor Kelurahan stempat.

Ketua Tim Juri perlombaan tersebut, Zenni Lingga mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melihat profil kelurahan yang ideal sesuai dengan perkembangan nyata.

“Lomba tersebut juga untuk melihat kelurahan mana saja yang nantinya dapat menjadi lab site atau kelurahan percontohan di masing-masing wilayah di Kota Yogya.

Untuk proses penjurian, lanjutnya, akan dilihat berdasarkan tiga indikator utama yakni pemerintahan, masyarakat dan wilayah.

“Penilaiannya meliputi evaluasi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan,” katanya.

Sementara pelaksanaan evaluasi perkembangan Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kota sampai dengan tingkat Provinsi.

“Kelurahan Giwangan sudah masuk 5 besar dari 45 Kelurahan se Kota Yogya, setelah ini akan di saring lagi menjadi 2 besar, dan selanjutnya akan di ikutkan lomba tingkat provinsi” kata Zenni.

Menurutnya evaluasi atau lomba kelurahan ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir, tetapi jauh lebih penting dari itu, adalah agar kinerja dan sinergi aparatur pemerintah dan masyarakat dapat terjalin dengan baik dan berkesinambungan.

Evaluasi perkembangan kelurahan ini juga sangat relevan dengan program pembangunan yang sedang dijalankan Pemkot Yogya saat ini, yakni menjadikan Kecamatan dan Kelurahan sebagai pusat layanan masyarakat sebagai bentuk perbaikan kualitas pelayanan publik.

Ia menambahkan jika evaluasi perkembangan kelurahan merupakan salah satu upaya untuk memotivasi dan mengukur kinerja aparatur pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam rangka menyempurnakan data administrasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di lingkup kelurahan. 

“Selain itu,juga sebagai bentuk upaya peningkatan daya saing, inovasi dan motivasi kelurahan dalam memberdayakan berbagai potensi di lingkungannya” katanya.

Ia berharap Kelurahan Gambiran dapat meraih prestasi terbaiknya pada lomba tersebut.

Pada kesempatan ini Lurah Giwangan, Suradi memaparkan tentang situasi yang ada di kelurahannya tersebut, selain prestasi, juga masyarakat di Kelurahannya banyak melakukan  inovasi, sehingga kawasan sekitar menjadi lebih dikenal.

Selain itu dari segi kesehatan Kelurahan Giwangan sudah tersedia Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di setiap rumah. “Untuk pemberdayaan di Kelurahan ini juga sering diadakan pelatihan, seperti membuat abon kluwih, ayam kremes dan roti kering” katanya.

Sementara untuk system pemerintahannya, Ia mengatakan di Kelurahan Giwangan sudah terlaksana dengan baik seperti pelaksanaan laporan online, pembinaan kedisiplinan pegawai, penataan kearsipan dan pembahasan pendidikan.

Melihat semangat dan program kerja kelurahan Giwangan yang penuh dengan persiapan secara matang, Suradi mengaku optimis kelurahannya mampu meraih juara 1 dalam lomba tersebut sehingga bisa mewakili Kota Yogya di tingkat provinsi. (Han)


  (116 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat28%
Cukup Bermanfaat2.67%
Bermanfaat2.67%
Kurang Bermanfaat2.67%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait