Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta
PAS (PEDULI ADALAH SOLUSI)
 Samhah Azizah,    07 Mei 2018 Malangan sebagai Kampung Tangguh Bencana
Malangan sebagai Kampung Tangguh Bencana

Beberapa waktu yang lalu warga Kampung Malangan  mengikuti  sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana sehingga warga mengetahui bahwa di wilayah Kota Yogyakarta pada umunya berpotensi terjadinya bencana, antara lain Gempa Bumi , Banjir , Angin kencang. Longsor dan Kebakaran.

Sejak awal April 2018, dengan difasilitasi oleh BPBD  Kota Yogyakarta, warga mempunyai inisiatif membentuk Kampung Tangguh Bencana (KTB) yang tujuan utamanya adalah mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

Kegiatan KTB dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu : (1) Persiapan, (2) Penyusunan Profil, (3) Analisa Risiko, (4) Penyusunan Peta, (5) Penyusunan RAK, (6) Persiapan Simulasi (7) Gladi Simulasi, (8) Simulasi.

Berdasarkan dari Analisisa Risiko Bencana yang dilakukan oleh Pengurus KTB beserta dengan Fasilitator dan BPBD Kota Yogyakarta, maka Risiko Bencana di Kampung Malangan adalah Bencana Banjir. Hal ini dikarenakan di sebelah barat Kampung Malangan terdapat Sungai Tekik dan secara Gografis Kampung Malangan merupakan daerah rendah daripada lainnya. Selain itu Kampung Malangan juga mengusung Risiko Ancaman Bencana Kebakaran.

Simulasi Bencana KTB Malangan dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 6 Mei 2018 dengan tempat berpusat di Balai RW 13 Malangan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 warga Malangan mulai dari usia Anak-anak sampai dengan Lansia. (Very)

Kampung Tangguh Bencana
  (133 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat28%
Cukup Bermanfaat2.67%
Bermanfaat2.67%
Kurang Bermanfaat2.67%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait