Tetap Bergerak Walau Berjarak  Menyambut Hari Anak Nasional Bersama Gebyar Literasi Kampung Giwangan

Gebyar literasi Kampung Giwangan  merupakan kolaborasi program antara Rumah Baca dan Program Jam belajar masyarakat yang ada di lingkungan kami. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan solusi karena adanya pandemi. Sebelum pandemi biasanya kami mengadakan kegiatan semacam pentas seni yang di isi oleh anak-anak dan masyarakat. Tema kegiatan gebyar tahun ini adalah meraih mimpi dan prestasi ditengah pandemi. Harapan  kegiatan ini untuk mencari potensi masyarakat untuk terus bergerak walaupun berjarak serta daya kreatifitas yang tidak dibatasi karena adanya pandemi. 
Kegiatan Gebyar Literasi kami lakukan pada tanggal 1-31 Juli 2021. Kegiatan diawali dengan kegiatan sarasehan online yang diisi Bu Dosen Rita dari UAD.  ”Edukasi semacam ini perlu kita apresiasi karena ini sangat bermanfaat baik bagi anak dan orang tua, kedepan kita harus memetakan dan menyamakan persepsi terkait  pentingnya Literasi Keluarga, agar kegiatan semacam ini bisa berkelanjutan dan lebih optimal” Kegiatan gebyar literasi tahun ini dengan berbagai kegiatan perlombaan, sarasehan online, dan berbagi buku untuk komunitas pendidikan. Oleh karena itu kita harus produktif dan memaksimalkan waktu untuk kegiatan yang positif. 

Pentingnya literasi keluarga untuk masa depan kita semua. Karena sekolah yang pertama bagi anak adalah keluarga. Maka masa pandemi covid-19 ini menjadi waktu yang tepat bagi keluarga untuk membiasakan anak untuk gemar membaca dan mempraktikan 6 literasi dasar di rumah, yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, digital, serta literasi budaya dan kewargaan. ( fajar ketua jbm )